Wednesday, November 30, 2016

Sinyal Telekomunikasi dari dan ke Planet Mars Semakin Kuat Berkat TGO



SPACE TOURISM INDONESIA -- Orbiter atau pesawat pengorbit baru milik European Space Agency (ESA) menguji instrumen dan memperlihatkan foto Mars terbaru. Disebut Trace Gas Orbiter (TGO), alat pemantau ini tiba di Mars pada 19 Oktober 2016. Dilansir Phys, Selasa (29/11/2016), TGO mengorbit secara elips di atas permukaan Mars.

Ketinggian orbit TGO sekira 230-310 kilometer hingga 98 ribu kilometer di atas permukaan planet merah setiap 4,2 hari, orbiter ini juga dapat memantulkan sinyal telekomunikasi robot-robot NASA yang sudah terlebih dahulu berada di Mars. (baca)

TGO sempat menguji empat instrumen sains pada 20-28 November 2016. Data dari orbiter tersebut kini dirilis untuk menunjukan jarak observasi yang diharapkan. Tujuan utama TGO ialah untuk mengumpulkan informasi secara rinci mengenai gas langka dalam atmosfer planet, termasuk metana, uap air, nitrogen dioksida dan acetylene, dilaporkan okezone.com.

Metana juga diproduksi di Bumi, yang muncul terutama oleh aktivitas biologis dan tingkat yang lebih kecil oleh proses geologis, seperti reaksi hidrotermal.


No comments:

Post a Comment

Antariksa

Made In Indonesia

Falak dan Antariksa

Beasiswa dan Lowongan Kerja

-::[AIRCRAFT CARRIER INDONESIA]::-