Thursday, September 17, 2009

PLTN untuk ke Bulan dan Mars

Sejumlah uji-coba telah membuktikan kelayakan penggunaan reaktor nuklir untuk sumber listrik di diluar bumi Bulan dan planet Mars.

Para peneliti NASA dan Departemen Energi Amerika baru-baru ini telah menguji sejumlah teknologi kunci untuk pengembangan sebuah reaktor nuklir fisi yang dapat menyediakan tenaga listrik untuk mengawal manusia ke bulan dan mars.

Pengujian tersebut telah membuktikan bahwa lembaga tersebut akan mampu membuat sebuah sistem yang “aman, handal dan efisien” pada tahun 2020, yaitu tahun dimana NASA berencana untuk mengirim kembali manusia ke bulan.

Pada gambar menunjukkan sebuah mesin pembangkit tenaga (generating power) berupa sebuah unit konversi tenaga yang terdiri dari dua buah mesin penggerak (stirling engines) yang diletakkan berhadapan, dan di set untuk pengujian di Pusat Penerbangan Angkasa Luar Marshall milik NASA. Cairan logam yang dipompakan, digunakan untuk memindahkan panas dari reaktor ke kedua mesin, dimana kemudian diubah menjadi listrik. Demikian seperti dilaporkan oleh www.technologyreview.com pada 17 Agustus 2009

No comments:

Post a Comment

Antariksa

Made In Indonesia

Falak dan Antariksa

Beasiswa dan Lowongan Kerja

-::[AIRCRAFT CARRIER INDONESIA]::-