Saturday, September 19, 2009

Sulut Serius Bangun Bandara Antariksa (Spaceport)

Pemda Setuju Pembangunan Bandara Antariksa
Investasi 1 miliar dolar, DPRD Sulut juga siap mendukung

Megaproyek Bandara Antariksa (landasan peluncuran roket) yang rencananya akan dibangun di Sulut akhirnya disetujui pemerintah daerah (Pemda). Dan sebagai langkah awal, Tim Lapan pusat bersama Tim Pokja yang sudah dibentuk di Sulawesi Utara awal Maret 2000 mendatang, akan menggelar seminar sehari, sekaligus sosialisasi proyek yang nilai investasinya sekitar 1 miliar dolar Amerika Serikat itu.

Wakil ketua tim leader swasta nasional penggarapan proyek bandara Antariksa si Indonesia Ir JWT Lengkey ketika dicegat wartawan usai presentai di DPRD Sulut kemarin mengaku, Pemda Sulut melalui Wagub HA Nusi telah setuju. Persetujuan pembangunan proyek tersebut diimpementasikan lewat penandatanganan berita acara.

Dengan demikian lanjut Lengkey, proyek prestisius bagi warga Bumi Nyiur Melambai ini, tidak jadi dipindahkan dari daerah lain, seperti permohonan daerah lain yang dekat garis katulistiwa berdasarkan hasil riset itu yaitu di Palembang, Tarakan, Maluku dan Irian Jaya.

Sementara itu, dalam pemaparan di DPRD Sulut, Lengkey yang didampingi tim Pokja diantaranya Ny Telly Pallar secara umum dan tehnis telah mnjabarkan berbagai perencanaan awal dari proyek tersebut. Demikian juga, awal pelaksanaan sosialisasi dan program-program lainnya yang berkaitan erat dengan kepentingan Bandara Antariksa itu.

Menanggapi pemaparan itu, kalangan DPRD Sulut yang dipimpin langsung oleh wakil ketua Fredy Sualang pada prinsipnya merespons akan pembangunan proyek tersebut. Bahkan melalui Djitro Tamengge, ketua Fraksi Partai Persatuan Pembangunan mengatakan, karena proyek ini benar-benar besar, maka perencanaan dan pengelolaannya betul-betul harus profesional. "Kalau bukan ahli di bidang ini, jangan sampai dilibatkan," ujarnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Fauzi Wartabone, salah seorang anggota DPRD Sulut. Menurutnya, proyek ini harus ditunjang sepenuhnya dari berbagai kalangan, karena hal tersebut sangat erat kaitannya dengan masa depan Sulawesi Utara khususnya di bidang teknologi dan kemakmuran masyarakat secara keseluruhan. Rapat presentasi di DPRD Sulut, selain dihadiri para Sekwilda se-Sulut, juga ketua Bapedda dan unsur instansi teknis terkait lainnya.

Seperti yang sudah pernah dilansir harian ini, Bandara Antariksa ini dibangun di Sulut, sudah berdasarkan survei, dimana lokasinya sangat dekat dengan garis Katulistiwa.

Pihak Investor, General Electric sudah menyiapkan dana sekitar 1 miliar dolar AS. "Bila proyek ini sudah jalan akan menyerap tenaga kerja sekitar 10 ribu orang dari berbagai disiplin ilmu," tutur Lengkey yang juga Treasurer Indonesia British Construction Industry Group (IBCIG).

Soal lokasi pembangunan, menurutnya ada dua lokasi yang dekat dengan garis katulistiwa yakni di Bitung dan Belang. "Jadi antara Bitung atau Belang," tuturnya.
Proyek Bandara Antariksa ini memang cukup cerah karena selama 10 tahun (tahun 2000-2010) saja sebanyak 2.500 satelit akan diluncurkan. "Kalau setiap ada peluncuran banyak wisatawan yang berkunjung di daerah, sekaligus para investor," tandasnya.

Dampak kehadiran dari proyek ini kata Lengkey memang sangat menyentuh masyarakat luas, terutama para petani-petani sekitar yang nantinya akan menyediakan hasil-hasil bumi seperti rica tomat serta sayur-sayuran lainnya untuk menyuplai kebutuhan proyek. Demikian juga rekrutemen tenaga kerja di daerah ini. Belum lagi soal dampak lainnya seperti akan adanya sekolah antariksa, dan universitas antariksa.

No comments:

Post a Comment

Antariksa

Made In Indonesia

Falak dan Antariksa

Beasiswa dan Lowongan Kerja

-::[AIRCRAFT CARRIER INDONESIA]::-