Saturday, February 6, 2010

LAPAN Siap Gelar Simposium Asia-Pasifik GEOSS

Indonesia kembali mendapat kepercayaan menggelar pertemuan internasional. Kali ini Lembaga Penerbangan dan Antariksa Indonesia (LAPAN) dipercaya menjadi tuan rumah Simposium Asia-Pasifik Group on Earth Observation Sistem of Systems (GEOSS) ke-4.

Berdasarkan rilis yang diterima detikcom dari LAPAN, Jumat (5/2/2010), isu sentral yang akan dibahas dalam pertemuan tersebut terkait mengenai perubahan iklim sebagai masalah global. Sebagai catatan, negara-negara maju sedang bekerja sama mengurangi dampak tersebut.

Simposium ini akan dihadiri 26 negara Asia-Pasifik. Simposium dilaksanakan pada 10-12 Maret 2010 di Sanur Paradise Plaza Hotel and Suit, Bali. Rencananya, Menteri Riset dan Teknologi Suharna Surapranata dan Kepala Lapan Adi Sadewo Salatun akan hadir.

GEOSS bertujuan untuk pertukaran informasi dan pemahaman di antara para negara-negara Asia-Pasifik dalam menangani perubahan iklim. Hasil dari pertemuan tersebut nantinya akan menjadi rekomendasi untuk Group on Earth Observation System (GEO) Ministerial Summit di Beijing, Cina, pada November mendatang.

Ada empat topik utama yang akan menjadi fokus dalam simposium ini. Topik tersebut mengenai pertaman, kapasitas pemantauan dan variabilitas iklim Asia-Pasifik, kedua, manajemen sumber daya air dan hidrometeorologi terkait dengan bencana alam, ketiga, pemantauan karbon hutan, dan terakhir jaringan observasi biodiversity di Asia-Pasifik.

No comments:

Post a Comment

Antariksa

Made In Indonesia

Falak dan Antariksa

Beasiswa dan Lowongan Kerja

-::[AIRCRAFT CARRIER INDONESIA]::-