Friday, March 23, 2018

Jepang Siram Startup Antariksa Rp 12,9 T

SPACE TOURISM INDONESIA -- Jepang menawarkan pendana senilai US$940 juta (Rp 12,9 triliun) untuk membiayai perusahaan rintisan (startup) luar angkasa dalam rangka mendorong pertumbuhan industri tersebut, pihak pemerintah mengumumkan pada hari Selasa (20/3/2018) dalam sebuah acara di Tokyo.

Dana tersebut akan disediakan lewat investasi dan pinjaman selama lima tahun mendatang sebagai bagian dari inisiatif pemerintah untuk melipatgandakan nilai industri luar angkasa yang saat ini mencapai lebih dari US$11 miliar.

Jumlah startup luar angkasa Jepang yang kurang dari 20 entitas membuat banyak orang memandang pendanaan ini penting untuk membantu perusahaan baru menutup ongkos beberapa bidang, seperti riset atau mengajukan paten.

"Kami yakin ini akan diingat sebagai titik balik industri kami yang berkembang," kata Takeshi Hakamada, CEO dan pendiri startup penjelajahan bulan bernama ispace dalam sebuah pernyataan.

Ispace telah menerima sokongan dana dari pemerintah sebelumnya, termasuk dalam rangkaian pembiayaan senilai $90,2 juta yang juga disokong Suzuki Motor dan Japan Airlines.

Sejak didirikan tujuh tahun lalu, ispace lolos kompetisi Lunar XPRIZE dari Google untuk mendanai dua misi eksplorasi ke bulan. Misi pertama akan dilakukan akhir tahun 2019 dan yang kedua akan dilaksanakan akhir tahun 2020.

Pemerintah Jepang sedang membentuk sebuah instansi untuk mengelola pendanaan dan menghubungkan startup dengan talenta lokal dari berbagai organisasi, seperti Japan Aerospace Exploration Agency atau anak perusahaan pembuat roket milik Mitsubishi Heavy Industries.

Di tahap awal, setiap startup berhak menerima bantuan dana sekitar US$100.000 untuk membantu menampilkan berbagai konsep ke para investor. Usaha yang menjanjikan dan perusahaan yang lebih matang dapat memperoleh sisa dari dana senilai $940 juta tersebut untuk pengembangan selanjutnya.

More

No comments:

Post a Comment

Antariksa

Made In Indonesia

Falak dan Antariksa

Beasiswa dan Lowongan Kerja

-::[AIRCRAFT CARRIER INDONESIA]::-