Thursday, September 17, 2009

Pantau Ketahanan Pangan lewat Satelit

Satelit tidak hanya sekadar memberikan gambaran mengenai permukaan Bumi. Dengan satelit, upaya ketahanan pangan dapat dilakukan.

Gempa tsunami yang terjadi pada akhir 2004 lalu telah meluluhlantakkan Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam. Lewat satelit, daerah yang terkena hantaman tsunami dapat terlihat dengan jelas.

Satelit telah menjadi kebutuhan yang tidak terpisahkan dengan kehidupan manusia, salah satu yang menonjol adalah kebutuhan komunikasi.

Telekomunikasi membuat orang yang berada di setiap penjuru dunia dapat menerima informasi dari belahan dunia lain, baik berupa informasi yang berbentuk gambar maupun suara, dalam waktu yang sama maupun berdekatan. Pada perkembangannya, satelit tidak hanya terbatas pada bidang tersebut, satelit dapat memantau bencana alam, gempa bumi, banjir, ataupun kebakaran hutan.

Dan saat ini, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) tengah mengembangkan suatu satelit yang sebagai alat untuk menjaga ketahanan pangan. Satelit yang diberi nama Lapan A2 dan Lapan Orari tersebut akan digunakan untuk melihat kondisi pertanian di Indonesia. �Dengan satelit tersebut maka akan diketahui siklus tanaman. Salah satu tanaman yang akan menjadi objek pantauan satelit tersebut adalah padi.

No comments:

Post a Comment

Antariksa

Made In Indonesia

Falak dan Antariksa

Beasiswa dan Lowongan Kerja

-::[AIRCRAFT CARRIER INDONESIA]::-