Thursday, March 3, 2011

Lapan dan Eksplorasi Antariksa

Lapan menerima kunjungan kerjasama delegasi Rusia di kantor pusat Lapan, Rawamangun, Jakarta. Sembilan orang perwakilan Lembaga Federal Antariksa Rusia (Roskosmos) dan dua orang kedutaan besar Rusia di bawah pimpinan delegasi, Yuriy Alexandrovic Milovanov disambut baik Kepala Biro Humasmagan Lapan, Dra. Ratih Dewanti, M. Sc.

Kunjungan ini merupakan implementasi persetujuan antara pemerintah Republik Indonesia dan pemerintah Federasi Rusia pada 1 Desember 2006 lalu mengenai kerjasama di Bidang Eksplorasi dan Pemanfaatan Antariksa untuk Maksud Damai.

Untuk itu, kunjungan ini sekaligus mengadakan pertemuan para ahli/spesialis Roskosmos dan Lapan menyangkut berbagai bidang dan kemungkinan penggunaan teknologi dirgantara Rusia untuk kepentingan sosio-ekonomi Indonesia. Pertemuan berlangsung selama tiga hari, 25-27 Januari 2011 di lantai 4, ruang Rapat Manggala kantor pusat Lapan.

Pada pertemuan tersebut, dibahas kemungkinan potensi kerjasama yang saling menguntungkan. Petensi kerjasama meliputi bidang pemanfaatan penggunaan sistem satelit navigasi secara global, teknologi penginderaan jauh permukaan bumi, penggunaan sistem laser-optik, serta potensi keikutsertaan Indonesia dalam hal ini Lapan dalam proyek pendirian International Global Monitoring Aerospace System (IGMASS).

Selain itu, kedua pihak menyepakati pentingnya berbagi informasi yang diperlukan untuk pengkajian kemungkinan pembangunan infrastruktur peluncuran satelit ke angkasa luar di Indonesia dengan menggunakan kondisi geografis yang menguntungkan di Indonesia ke dalam Rencana Pengembangan Kerjasama Bilateral Rusia-Indonesia di bidang Kedirgantaraan Tahun 2011 – 2012.

Pada pertemuan ini Lapan menyampaikan ketertarikannya dalam pemanfaatan Glonass untuk mendukung riset dinamika ionosfer regional yang meliputi pengukuran Total Electron Content dan Scintillation, penelitian ionosfer untuk precursor gempa bumi di Indonesia, serta koreksi pengukuran posisi dan navigasi berbasis satelit.

No comments:

Post a Comment

Antariksa

Made In Indonesia

Falak dan Antariksa

Beasiswa dan Lowongan Kerja

-::[AIRCRAFT CARRIER INDONESIA]::-